Hidup bersama itu membawa banyak keuntungan dan manfaat bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya. Hidup bersama sebagai kebutuhan sekaligus dibutuhkan oleh manusia untuk membangun dan mewujudkan sosialitasnya. Dan supaya kebersamaan itu dialami, dinikmati dan dibagikan sebagai nilai hidup, maka dibutuhkan ketaatan dan kepatuhan untuk menata kebersamaan itu sendiri. Artinya kebersamaan dengan banyak nilai hidup yang terkandung di dalamnya, pada sisi yang lain menuntut kepatuhan pada ketentuan, pedoman hidup bersama guna mencegah kekacauan dan ketakberaturan di dalamnya. Dan untuk maksud inilah perlu dibangun kerja sama, koordinasi dan kolaborasi yang saling memberdayakan dalam berbagai konteks, keperluan dan kepentingan yang ada.
Kebersamaan yang terikat pada kepentingan dan kebutuhan pelayanan pendidikan yang berlangsung di SMP Strada St. FX III dengan melibatkan guru karyawan, peserta didik dan orangtua wali murid ini perlu dibangun dengan meningkatkan kerja sama yang intens dan berkelanjutan, terus menerus guna menjaga keberlangsungan aktivitas pembelajaran yang semakin baik, berkualitas dan berkarakter. Jalinan kerja sama, komunikasi dan koordinasi ini terwujud dalam kegiatan Forum Komunikasi (forkom) yang diadakan pada hari Kamis, 29 dan Jumat, 30 Agustus 2024 di SMP Strada St. FX III yang dihadiri oleh para guru/pendidik, pesera didik dan orangtua wali murid.
Kegiatan hari pertama diikuti oleh para guru/pendidik dan orangtua wali murid kelas 7 (tujuh) dengan agenda arahan, motivasi, gambaran kegiatan dan penyampaian informasi pembelajajran, pendampingan dan pengembangan yang tertuang dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kegiatan khusus dan pembiasaan yang menjadi dinamika keseharian belajar. Dalam kesempatan ini kepala sekolah menyampaikan beberapa hal yang meliptuti arahan dan gambaran sekolah dan kegiatannya, profil guru karyawan, profil siswa dan perkembangannya serta tugas dan tanggung sekolah dan orangtua wali murid. Pada bagian lain wakil kepala sekolah menyampaikan hal-hal tekait kurikulum, jadwal pembelajaran, kegiatan ekskul, pembiasaan dan tata tertib sekolah. Sedangan para wali kelas berbicara tentang komitmen kelas dan pendampingan serta bimbingan kelas masing-masing.
Kegiatan hari kedua dikhususkan bagi orangtua wali murid kelas 8 (delapan) dan 9 (sembilan) dengan gambaran agenda yang sama seperti yang dilakukan kepada orangtua wali murid kelas 7 di hari pertama dengan penekanan pada profil dan karakter siswa/i yang berbeda dengan tuntutan cara dan strategi menghadapinya dengan cara yang berbeda pula. Kegiatan ini direspon dengan sangat antusias oleh orangtua wali murid yang terlihat dari kehadiran dengan catatan sebagai berikut: Kelas 7 terhitung 36 dari jumlah 44 siswa (82%). Kelas 8 jumlah kehadiran terhitung 43 dari 49 siswa (88%). Sedangkan kelas 9 jumlah kehadiran terhitung 35 dari jumlah 42 siswa (83 %).
Hal penting yang menjadi catatan dalam pertemuan ini adalah kerja sama dan komunikasi guna membangun kesepahaman terkait tugas, panggilan dan tanggung pendidikan, pendampingan dan bimbingan terhadap peserta didik dengan menyadari tugas dan peran masing-masing. Dengan adanya kebiasaan bertemu, berkomunikasi dan berkoordinasi di satu sisi menyatukan semangat sinergitas di antara guru/pendidik sebgai orang tua di sekolah dan dan pada sisi yang lain berkaitan dengan peran orangtua wali murid dalam keseharian pendidikan, pendampingan dan bimbingan di rumah/keluarga bersama sang anak. Karena patut disadari untuk dilaksanakan bahwa apa yang telah diproses dalam dinamika belajar di sekolah harus berlanjut dan terbangun dengan orangtua wali murid ketika anak kembali ke rumah/keluarga. Orangtua wali murid kembali mengambil dan menjalankan peran untuk memastikan bahwa apa yang telah dipelajari di sekolah bersama bapak dan ibu guru harus didukung usaha untuk mengontrol, mengecek dan mencari tahu apa yang telah dipalajari dan membutuhkan tindak lanjut di rumah/keluarga.
Menjadi menarik dan semakin antusias ketika informasi, paparan dan arahan yang disampaikan seakan membuka jendela untuk melihat, memahami dan menyadari perkembangan, tantangan, ancaman dan harapan -harapan yang berkaitan dengan seluruh upaya pendidikan, pendampingan dan bimbingan terhadap peserta didik kita. Ternyata ada begitu banyak hal yang yang perlu diketahui oleh orangtua tentang anak dan perkembanannya. Orangtua perlu masuk lebih dalam lagi untuk menemukan banyak hal tentang anaknya ketika berada di sekolah, di lingkungan lain dan di rumah dan tentunya akan semakin lengkap jika di antara orangtua terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dan terus menerus dalam rangka menunaikan tugas dan panggilan pendidikan, pendampingan dan bimbingan yang tepat dan bermanfaat bagi perkembangan sang anak baik secara akademis, non akademis maupun karakternya. Semoga kerja sama dan komunikasi di antara orangtua terus terjalin dan terjaga sebagai ruang untuk membangun sinergi dan memperkuat silaturahim dengan titik sasar yang satu dan sama yaitu kebaikan, kemajuan dan keberhasilan anak-anak kita: BERPRESTASI DAN BERKARAKTER.
Recent Comments