Pesta demokrasi sekolah pemilihan Ketua dan Wakil OSIS beserta Ketua MPK SMP Strada St. Fransiskus Xaverius III akhirnya tuntas. Beberapa tahapan telah dilewati para kandidat dengan baik dari mulai seleksi calon kandidat, pemilihan kandidat, wawancara sampai pembuatan promosi visi misi dan program kerja para calon kandidat. Sekolah Menengah Pertama merupakan awal belajar para siswa dalam berorganisasi. Belajar berani untuk mandiri, belajar untuk memimpin sebuah kegiatan, belajar menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab dan dapat menjadi teladan bagi warga sekolah.

Pesta demokrasi kali ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, kali ini di awal pemilihan sudah langsung dipasangkan. Ada 3 pasangan calon ketua dan wakil OSIS periode 2022/2023 yaitu Pasangan calon 1 Desta dengan Rikson, Pasangan calon 2 Gabriel Willy dengan Jeus, sedangkan pasangan calon 3 Adelia dengan Valen. Masing – masing pasangan mempunyai kekuatan dan kelemahan dan disinilah mereka saling berkolaborasi menyatukan dua perbedaan tersebut.

 

Dua putaran harus dilewati oleh para kandidat, dan semua diperlukan kepercayaan serta keberanian dalam memaparkan visi misi serta program Kerja para kandidat. Pertanggungjawaban dalam program kerja menjadikan para kandidat harus siap dengan pertanyaan dan Langkah jitu dalam menarik banyaknya pemilih.

Gambar paslon

Untuk memperlancar proses pemilihan, panitia menyiapkan tiga bilik sebagai tempat pemungutan suara (TPS). Semua TPS ada di lapangan. Setelah pemaparan visi misi dan program kerja semua siswa menuju TPS masing-masing untuk memberikan suara. Di TPS, siswa mengantri dan mendapatkan satu kertas suara. Selanjutnya siswa menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan. Kertas yang sudah dicoblos kemudian dimasukkan ke kotak suara yang sudah disediakan. Siswa yang sudah memberikan suara dapat meninggalkan TPS dan langsung kembali ke kelas.

Panitia lalu melakukan penghitungan setelah semua siswa melakukan pencoblosan. Hasilnya sebagaimana disampaikan ketua Osis terpilih dari pasangan calon 1 Desta dan Rikson dengan total suara 95, mengalahkan pasangan calon 2 Gabriel dan Jeus dengan total suara 80 suara, sedangkan pasangan Calon 3 Adelia dengan Valen 19 suara. Untuk ketua FPK terpilih Antonio Fernando mengalahkan Aurelia dan Bram.

Pesta demokrasi SMP Strada St. Fransiskus Xaverius III dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Siswa-siswi begitu gembira merayakan pesta demokrasi ini. Partisipasi aktif siswa terutama saat pemaparan visi-misi pasangan calon dan pencoblosan menunjukkan bahwa mereka sungguh menjadikan moment ini sebagai ajang pembelajaran dalam hidup berdemokrasi. Di TPS, siswa-siswi juga antusias memberikan suara tanpa ada tekanan dan paksaan.

Sebelum pelantikan, seluruh pengurus OSIS dan MPK baru harus mengikuti Pelatihan Pengurus OSIS dan MPK (PPOM). PPOM ini dilaksanakan agar pengurus bisa bersinergi bersama selama satu tahun kedepan. Materi yang diberikan pun beragam dan berkaitan dengan cara berorganisasi, berkomunikasi dan bekerja. Materi yang diberikan yaitu, kepemimpinan, Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART), proposal, program kerja, membangun sinergi, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dan malam inagurasi.

Segala materi yang diberikan kepada p1engurus OSIS dan MPK diharapkan bisa membangun sinergi untuk bekerjasama, gigih dalam mengambil keputusan, kreatif, inovatif dan dapat berkomunikasi dengan baik antara guru dan siswa. Seluruh rangkaian pesta demokrasi telah dilaksanakan. Profisiat untuk Ketua OSIS terpilih dan yang belum terpilih jangan wwww ;;berkecil hati tetap saling mendukung dan selalu bisa berdinamika bersama dalam menjalankan dan menyelesaikan semua kegiatan demi kemajuan SMP Strada St. Fransiskus Saverius III.

 

Sebarkan artikel ini