Yeaaay, kita studi wisata ke Bandung..!

Begitulah celoteh kami ketika mendegar kabar studi wisata kali ini ke Bandung. Jumat, 11 Oktober 2019 pukul 06.00 WIB suasana sangat riuh di lapangan karena kami siap berangkat untuk studi wisata ke Saung Mang Udjo dan Museum Konfrensi Asia Afrika.

 

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Saung Mang Udjo. Saung Mang Udjo didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena. Disana kami dijelaskan tentang sejarah angkulung, jenis-jenis angklung, isyarat note saat memainkan angklung. Setelah itu kami diajak berlatih langsung menggunakan angklung dari bagaimana cara memegangnya dan membunyikannya dari do rendah sampai do tinggi. Bagian yang paling asik bagi kami saat mulai memainkan angklung dalam sebuah lagu dan bernyanyi bersama.

 

Selain diajarkan bermain angklung kami juga melihat beberapa penampilan yang sangat menghibur, seperti pertunjukan tari topeng, angklung orchestra, dilanjutkan sekumpulan anak memainkan angklung sambil menyanyikan lagu dari beberapa daerah dan ditutup dengan nari bersama.

 

 

Kunjungan kami yang kedua adalah ke Museum Konfrensi Asia Afrika. Disana kami belajar tentang sejarah perang dunia kedua, perang dingin dan Dasa Sila Bandung. Belajar di luar kelas memang sangat menyenangkan karena banyak peristiwa yang kami jalani dan menambah pengalaman.

Sebarkan artikel ini